Sunday, June 19, 2011

Jumlah UKM Terus Bertambah

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) menyatakan, kuantitas dan kualitas UKM terus mengalami peningkatan. Pada tahun 2010 terdapat sebanyak 12.7Juta unit usaha, dan pada bulan Juni 2011 meningkat menjadi 53,2 Juta unit usaha.

Demikian pula dengan koperasi. Jumlahnya meningkat dari 152.000 pada tahun 2010 menjadi 157.000 pada bulan Juni 2011.


Hal itu diungkapkan Deputi Menteri Sumber Daya Manusia Kementerian KUKM. Agus Muharam. saat membuka acara Entreprenuer Festival 2011 di Universitas Mercu Buana (UMB). Meruya. Jakarta Barat. Kamis (16/6). Acara itu menampilkan hasil karya para mahasiswa UMB.

Dikatakan Agus, keterlibatan mahasiswa sangat diperlukan demi terus meningkatkan kegiatan usaha Itu agar bisa menekan angka pengangguran. "Adanya keterlibatan UKM yang dididik dalam pelatihan di kampus akan memudahkan pemerintah untuk mengarahkan ke depannya sehingga gerakan kewirausahaan akan meningkat." ujarnya.

Salah satu kegiatan yang tengah dipersiapkan untuk mendukung peningkatan itu adalah festival fas-hion dan aksesori pada Juli mendatang. "Jadi, tidak hanya pelaku usaha saja yang dilibatkan, tetapi Juga berbagai universitas. Apalagi target pasarnya kasn anak muda." kata Agus.

Rektor Universitas Mercu Buana. Arissetyanto. pada kesempatan itu mengatakan, untuk mendukung program pemerintah pihaknya akan membangun pusat kewirausahaan di lingkungan kampus.

Nantinya, kegiatan tambahan tersebut akan membawa mindset mahasiswa dalam berwirausaha. Selain Itu. berbagai festival Juga akan digelar dalam mempromosikan hasil usaha mahasiswa.

"Kami Juga akan ikut serta dalam berbagai pameran UKM tingkat nasional agar mahasiswa lebih termotivasi dan mempromosikan produk unggulannya." katanya.

Entrepreneur Festival 2011 atau festival kewirausahaan yang digelar mahasiwa UMB Itu berlangsung sampai tanggal 18 Juni.

Festival Itu dimeriahkan 80 gerai yang dikelola mahasiswa UMB. Produk yang ditampilkan dalam pameran itu antara lain busana muslim, baju batik, aneka Jajanan, dan makanan kering olahan para mahasiswa UMB.

0 komentar:

Post a Comment