Tuesday, December 20, 2011

Carrefour Komit Berdayakan UKM

PT Carrefour Indonesia (Carrefour) menyatakan komitmennya dalam pemberdayaan usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia. Hal itu diwujudkan melalui beberapa kegiatan corporale social responsibility (CSR), di antaranya dengan memberikan pinjaman serta pendampingan usaha kepada para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM).

Head of External Communication and CSR PT Carrefour Indonesia Hendrik Adrianto mengatakan, Carrefour akan lebih meningkatkan lagi kegiatan maupun anggaran dana untuk kegiatan pemberdayaan UKM di tahun 2012. Menurutnya, perseroan menargetkan pemberdayaan pelaku UKM pada tahun depan akan melibatkan beberapa universitas di Tanah Air.

"Untuk memperdayakan pelaku UKM, kita melibatkan tujuh universitas di tiap daerah. Program itu berjalan dengan budget sekitar Rp 2 hingga 3 miliar," ujarnya di Jakarta, kemarin. Hendrik menjelaskan, sepanjang 2011, dana CSR Carrefour yang telah terserap sekitar Rp 5 hingga 10 miliar. Dana itu digunakan untuk berbagai event sosial bagi masyarakat. Saat ini program-program CSR Carrefour menjadi lebih terfokus di bidang microfinance yang membidik masyarakat agar produktif berwirausaha.

"Carrefour memiliki banyak program CSR. mulai dari bidang pendidikan, bantuan untuk bencana alam dan anak jalanan, sampai mikro ekonomi," jelasnya. Hendrik menambahkan, Carrefour telah memasarkan 90 persen produk lokal dari total produk yang dijual di seluruh gerai perseroan. Impor hanya dilakukan jika jenis produk itu belum diproduksi di dalam negeri. "Kamijuga bermitra dengan lebih dari 4 ribu pemasok dari seluruh Indonesia, dimana 70 persen dari jumlah tersebut termasuk dalam kategori UKM." ungkapnya.

Sebagai informasi, hingga saat ini Carrefour Indonesia sudah memiliki 84 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia. Meliputi 12 provinsi serta 28 kabupaten/kota di Indonesia.

0 komentar:

Post a Comment