Monday, December 12, 2011

Laba Dikail dari Gerai Alat Pancing

 Penggemar kegiatan memancing yang semakin banyak, menjadi peluang menarik membuka toko peralatan memancing. PT Dunia Pancing Indonesia pun melihat peluang ini. Mereka meluncurkan kemitraan gerai peralatan memancing bernama DP Fishing Mart. Dunia Pancing sudah sejak 2003 menggeluti bisnis peralatan memancing. Menurut Zohirin, Marketing DP Fishing Mart, Dua Pancing menyediakan tiga paket kemitraan, yakni paket kemitraan senilai Rp 30 juta, Rp 60 juta, dan Rp 100 juta.

Nilai investasi pada paket tersebut sesuai dengan nilai barang yang akan diperoleh oleh sang mitra Misalnya, mitra yang membeli paket kemitraan senilai Rp 60 juta, maka ia akan mendapatkan barang untuk dijual senilai Rp 60 juta. Selain menyediakan dana untuk pembelian barang ini, menurut Zohirin, mitra juga harus membayar biaya tambahan. Besarnya Rp 12 juta untuk paket Rp 30 juta, biaya tambahan Rp 18,5 juta untukmitra yang menginvestasikan Rp 60 juta, dan biaya tambahan Rp 20,5 juga untuk paket senilai Rp 100 juta.

DP Fishing Mart mengutip biaya tambahan ini sebagai ongkos pembuatan etalase dan uang jaminan. Misal, biaya tambahan Rp 18,5 juta, terdiri dari biaya pembuatanetalase sebesar Rp 3,5 juta dan biaya jaminan usaha sebesar Rp 15 juta. Asyiknya, saat ini, DP Fishing Mart menawarkan diskon minimal 50% untuk biaya tambahan. Besarnya diskon tergantung dengan jenis paket yang diambil. Alhasil, mitra cukup membayar antara Rp 5,5 juta hingga Rp 6,5 juta.

Selain itu, mitra bisa membayar biaya tambahan ini secara bertahap dalam waktu dua bulan. "Pembayaran seperti ini untuk meringankan mitra," imbuh Zohirin. Kemitraan ini berlaku untuk kerjasama selama satu tahun. Setelah membayar, DP Fis-hing Mart akan memberi pelatihan karyawan dan pemilik, seragam, standar operasional serta modul tentang peratalan memancing. "Selain itu, kami juga akan memberi dukungan promosi adanya gerai baru di seluruh outlet kami," terang Zohirin.

Pasar spesifik

DP Fishing Mart menyedia-kakan beragam peralatan memancing, baik untuk kolam, sungai hingga laut. Berbagai peralatan dan perlengkapan pancing ini diimpor dari Korea, China, dan Jepang. Harga jualnya mulai Rp 30.000 hingga Rp 3 juta.

Konsultan Wirausaha dan Praktisi Bisnis Khoerussalim Ikhlas menuturkan, bisnis ini akan berkembang baik bila ditangani pehobi mancing. Dengan pasar yang spesifik, akan sulit bagi mitra yang bukan pemancing untuk dapatkan kembali investasinya. Ia pun berpesan agar mitra lebih berhati-hari menjalankan usahanya. Mitra pun harus cerdik dalam membidik dan merangkul pasar berupa komunitas pehobi mancing.

Salah satu cara untuk mena-rik minat pasar adalah menghimpun komunitas untuk membangun pasar dan memperkenalkan brand. "Mitra juga bisa mengadakan lomba yang berhubungan erat dengan kegiatan memancing dan menjalin kerjasama dengan produk lainnya," tutur Khoerussalim. DP Fishing Mart Komplek Sentra Latumenten Blok C 23-24 Jl. Prof. Dr Latumeten 50 Jakarta Barat HP. (021)93883851 Telp. (021)56975501 Faks. (021)56975502

0 komentar:

Post a Comment