Tuesday, July 26, 2011

UKM Industri Kreatif Depok Sulit Kembangkan Usaha

Tim Ahli Enterpreunership Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia, Meswantri mengatakan para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) Industri Kreatif di Depok mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya.

Pasalnya dalam menjalankan usaha tersebut mereka tidak mendapatkan bantuan pembinaan dari pemerintah kola Depok. Bahkan mereka kebingungan bagaimana usahanya bisa tercatat di Pemerintah Depok. "Mereka masih bingung, apalagi harus mendaftar ke UKM dan Disperindag," tegasnya dalam kegiatan bertajuk pemberdayaan ekonomi, Selasa (26/7).


Padahal, kata dia, pelaku UKM Industri Kreatif memiliki peluang yang bagus di kota Depok. Secara geografis Depok tidak jauh dari Jakarta dan cukup potensial secara ekonomi Hanya saja, mereka masih sulit mengembangkan usahanya, diantaranya pengembangan produk dan pemasarannya.

"Kalau sudah memiliki jiwa interpreuner, bantuan dana itu bukanlah hal yang utama. Tapi. bagaimana dalam pengembangan produk maupun pemasarannya bisa berjalan dengan baik," ungkapnya.

Sementara itu, anggota Komisi B DPRD Kota Depok, Supariyono menyatakan wajar jika pelaku UKM Industri Kreatif masih kebingungan dalam mengembangkan usahanya. Pasalnya, industri kreatif merupakan hal yang masih baru di Depok dan berbeda dengan daerah lain seperti Yogjakarta yang dinilai sudah lebih dulu berkembang. Menurutnya, UKM industri kreatif harus melakukan edit value dalam menghasilkan produknya.

sumber : Pelita

0 komentar:

Post a Comment