Thursday, May 26, 2011

Blackberry libatkan pengembang aplikasi lokal

Research in Motion, produsen ponsel pintar Blackberry, menjajaki kerja sama dengan komunitas dan pengem-"bang konten lokal di Indonesia untuk mengembangkan aplikasi dan konten mobile.

Johan Kremer, Head of Alliances Research in Motion (RIM) Pte Ltd untuk Asia Tenggara, mengatakan komunitas yang digandeng antara lain dari kalangan kampus, pengembang aplikasi, danmasyarakat umum.


"Kampus merupakan tempat yang sangat potensial untuk dikembangkan dalam pembuatan aplikasi karena banyak ilmuwan yang terlibat di sana," katanya di sela-sela Blackberry Developer Day di Institut Teknologi Bandung (ITB) kemarin.

Dia mengungkapkan jumlah pengembang aplikasi ponsel Blackberry di seluruh dunia saat ini sebanyak 375.000 orang yang berasal dari beberapa negara. Namun, RIM belum bisa memperkirakan jumlah aplikasi yang telah diproduksi oleh masyarakat Indonesia karena kesulitan pengumpulan basis data.

"Dari 375.000 pengembang itu, kami kesulitan mencari angka berapa aplikasi yang berasal dari Indonesia karena aplikasinya dikirim melalui e-mail yang tidak bisa diakses dari mana negaranya," tutur Johan.

Dia menjelaskan kegiatan Blackberry Developer Day yang diselenggarakan di ITB merupakan salah satu strategi yang digu-nakan RIM untuk menggandeng komunitas di Indonesia.

Menurut dia, acara itu juga bertujuan membantu para mahasiswa, pengembang aplikasi, dan masyarakat umum yang tertarik untuk mengembangkan aplikasi, sekaligus mengetahui lebih jauh teknologi Blackberry.

Dia menilai Bandung termasuk salah satu kota kreatif di Tanah Air yang didukung oleh banyak industri kreatif. "Selain di Bandung, kami juga berharap bisa menjajaki kerja sama dengankomunitas yang ada di Yogyakarta, Medan, dan Malang."

Suhono tiarso Supangkat, Kepala Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan ITB, mengungkapkan ITB akan mendirikan Blackberry Academy Partnership sebagai salah satu langkah pengembangan keilmuan civitas akademika kampus itu.

Lembaga itu, paparnya, diharapkan bisa diresmikan pada tahun ini untuk mendukung kegiatan belajar-mengajar di kampus tersebut.

0 komentar:

Post a Comment