Sunday, September 18, 2011

Pengolah Ikan di jawa Barat Dapat Bantuan Rp 1,6 Miliar

Sebanyak 32 kelompok pengolah dan pemasar hasil perikanan di Jawa Barat menerima bantuan Pengembangan Usaha Mina Pedesaan (PUMP) senilal Rpl.6 miliar.

"Tahun 2011 program PUPM Pengolah dan Pemasar Hasil Perikanan diperuntukan bagi 408 kelompok di 53 kabupaten/kota, untuk Jabar diberikan untuk 32 kelompok senilal Rpl.6 miliar. kata Dirjen Pengolahan dan Pemasar Hasil Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Victor PH NIWJuluw di Bandung, Jumat

Penyerahan bantuan langsung masyarakat PUMPP2HP Itu dilakukan oleh Victor kepada 32 ketua Kelompok Pengolah dan Pemasar (Poklahsar) di Kantor Dinas Perikanan dan Kelautan Jabar di Bandung. Hadir pula pada kesempatan Itu Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jabar Ahmad Hadadl.

Setiap kelompok tersebut mendapat bantuan hibah masing-masing senilal Rp50juta yang nantinya akan digunakan untuk pemberdayaan masyarakat di sektor pengolahan dan pemasar hasil perikanan.

"Bantuan Itu sifatnya hibah yang akan dibelikan untuk keperluan untuk mendukung produksi pengolah dan pemasaran hasil perikanan. Uang itu utuh diterima kelompok tidak ada biaya apapun dan dikelola oleh kelompok sesuai dengan kebutuhannya.* kata Victor

Bantuan Itu, kata Victor sebagai upaya mendorong percepatan perkembangan usaha kelompok pengolah dan pemasar hasil perikanan dari perwlrausaha pemula menjadi pewlrausaha berkembang. Sehingga pada gilirannya menjadi pewlrausaha yang berkembang.

Selain bantuan PUMP-P2HP. pada kesempatan Itu Juga diserahkan bantuan antara lain tenda biru, pabrik es dan pasar benih Ikan.

"Program bantuan Ini pertama kali digulirkan 2010 dan akan bergulir sceara berkesinambungan. Tahun 2011 ini anggarannya sekitar Rp800 miliar dengan sasaran 408 desa, dan 2012 akan ditingkatkan -nenjadi Rpl triliun untuk menjangkau 1.500 kelompok, kata Victor.  Salah satu sasarannya adalah meningkatkan kemampuan dan kemandirian kelompok 99

Bantuan itu sifatnya hibah yang akan dibelikan untuk Keperluan untuk mendukung produksi pengolah dan pemasaran hasil perikanan.pengolah dan pemasar hasil perikanan, penyerapan tenaga kerja dan mengembangkan wirausaha di bidang pengolahan dan pemasar perikanan

Penyaluran BLM PUMP-P2HP dilakukan dalam rua tahap yakni dilakukan pencairan pada Mei-Juni dan tahap kedua periode Juli -Agustus, termasuk di Jawa Barat. Selain bantuan untuk sektor pengolahan dan pemasar. Juga program Itu Juga digulirkan untuk sektor penangkapan dan budidaya perikanan.

"Sekitar 50 persen memang disalurkanuntuk sektor budidaya perikanan. Skema bantuan langsung Ini akan terus digulirkan. Sekitar 20 persen anggaran KKP untuk program PUMP-P2HP. katanya.

Sementara itu realisasi penyaluran bantuan PUMPP2HPpada 2011. menurut Victor telah teralokasi sekitar 70 persen, sisanya akan dituntaskan hingga November 2011.

"Dananya sudah tersedia, namun Justru kelompoknya Itu banyak yang belum siap. Namun kami optimis November 2011 bisa tersalurkan 100 persen. katanya.

Sementara Itu Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jabar. Ahmad Hadadl menyebutkan bantuan langsung bagi masyarakat Itu sangat mendukung pemberdayaan khususnya sektor pengolahan dan pemasar.

Berbeda dengan sektor penangkap dan budidaya ikan yang ada di kawasan pantai, sektor pengolah dan pemasar Ikan Justru lebih banyak di pedesaan. Stimulan Ini diharapkan bisa mendongkrak pengembangan kewirausahaan pengolah dan pemasar hasil perikanan di Jabar." kala Ahmad Hadadl menambahkan.

0 komentar:

Post a Comment