Monday, May 30, 2011

Ciptakan Kerja Kreatif

Pengamat ekonomi Aviliani minta masyarakat dapat menciptakan peluang kerja kreatif dalam rangka memperkuat daya saing ekonomi Indonesia. Dia mengaku pada 2020 diprediksi sebanyak 70 persen masyarakat Indonesia masih produktif dan 30 persen tidak produktif

"Iklim ekonomi yang membaik seharusnya menjadi momentum bagi masyarakat untuk menciptakan peluang kerja kreatif," kata pengamat ekonomi, Aviliani di Jakarta akhir pekan lalu, dalam dialog (talk show) bertajuk Career Talk yang digelar Fatigon C-Plus, produk multivitamin yang diproduksi PT Kalbe Farma Tbk.


Aviliani memperkirakan apabila ekonomi Indonesia masih seperti ini, pada 2020 sebanyak 70 persen masyarakat Indonesia masih produktif dan 30 persen tidak produktif. "Masyarakat yang memasuki usia pensiun pada 2020 diperkirakan 70 persen akan tetap produktif tidak menggantungkan hidupnya pada kelompok yang lebih muda," katanya. Hanya, lanjut Aviliani, pada periode sekarang ini masyarakat dalam usia produktif diminta melakukan investasi untuk menciptakan peluang pekerjaan, terutama bfdang-bidang kreatif.

Sementara itu, motivator di bidang karir. Rene Suhartono mengatakan dalam menjalankan usaha harus dijalankan karena memiliki kemampuan di bidang tersebut bukan karena keterpaksaan. Rene mengatakan keberhasilan seseorang dalam menjalankan usaha sa-ngat bergantung kepada kepedulian pada dirinya bahwa dia sanggup untuk menjalankan hal tersebut.

Aviliani juga menambahkan generasi muda saat ini seharusnya sudah diarahkan ke depannya akan menjadi apa. "Kalau melihat kondisi sekarang ini, kesempatannya ada, tetapi spiritnya kurang, padahal dari merekalah daya saing ekonomi Indonesia saat ini bergantung," ujar dia.

Dalam kesempatan yang sama. Brand Manager Fatigon C-Plus PT Kalbe Farma Tbk, Gregorius Dam mengatakan kegiatan C-Plus Movement merupakan suatu gerakan untuk mendukung kesuksesan karir dan meningkatkan daya saingtenaga kerja Indonesia yang saat ini masih berada di peringkat ke-44 dari 139 negara. "Gerakan C-Plus Move-ment digagas Fatigon C-Plus dengan tiga slogan yakni 3C (Condition. Courage, Contribute). Dengan mengangkat slogan 3C, C-Plus Movement ingin mengajak para profesional dan entrepreneur untuk bisa meraih performa kerja maksimal dan mencapai karir optimal," katanya.

Menurut Daru melalui gerakan C-Plus Movement ini, diharapkan kesuksesan dalam berkarier dapat diraih dengan mempertahankan kondisi tubuh yang optimal (condition), berani menemukan passion (courage) dan semangat untuk mau berkontribusi bagi masyarakat (con tribute). Lebih lanjut Daru menerangkan C-Plus Movement dimulaj dengan diadakannya kegiatan roadshow office to office di gedung perkantoran di Jakarta dilanjutkan juga dengan roadshow mal to mal.

0 komentar:

Post a Comment