Thursday, September 15, 2011

Amy Atmanto Menjemput Bola

Sepanjang Ramadan dan Lebaran lalu menjadi bulan yang sibuk bagi Amy Atmanto. Dia sibuk menerima kunjungan para pelanggan yang datang memesan koleksi dari label Royal Kaftan dan Maroko di butiknya. Kini Amy sibuk bertandang ke berbagai kampus dan daerah bersama kantor Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil-Menengah serta kantor Menteri Koordinator Perekonomian lndonesia. Amy diundang untuk mengajar serta menjadi pembicara dan narasumber di berbagai seminar dan talk show tentang kewirausahaan dan industri kreatif.

"Sekarang saya menjadi perancang dan pembina industri kreatif. Tugasnya lebih banyak mengoptimalkan pemberdayaan perempuan dan kaum marginal melalui industri kreatif, katanya.

Serangkaian kegiatan peraih Kartini Award 2011 ini tak membuatnya berkeluh kesah. "Ini tu-gas mulia, menjemput bola ke kampus, bicara dengan anak muda, para mahasiswa, atau ke daerah menjumpai para perempuan dan kaum marginal, "ujarnya. Tugas utama Amy masih seputar soal merancang. Hanya, perbedaan yang kini dilakukan adalah meng-ajarkan merancang sebuah peluang dan kesempatan untuk menjadi wirausaha di bidang industri kreatif yang nantinya akan meningkatkan mikro-ekonomi dan mengembangkan Industri dengan semakin banyak pelaku potensial. Pendiri Rumah Kreatif ini juga melatih dan mengajak orang cacat tuli dan bisa ikut workshop gratis. Mereka diajari memayet atau membordir. Amy mengaku terharu menyaksikan keberhasilan anak didiknya. Bahkan beberapa memiliki kemampuan sebagai pemayet dan pembordir yang bisa disalurkan ke beberapa perancang atau rumah mode. "Ini bukti mereka bisa berdaya dan mampu,"katanya.

0 komentar:

Post a Comment