Wednesday, September 21, 2011

Kemitraan Rental Mainan Anak

Bermain identik dengan dunia anak-anak. Mainan dan si kecil seperti sudah menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan.

Jenis mainan pun kian beragam. Tapi, tentu saja, tak semua jenis mainan harus dimiliki anak. Selain keterbatasan kantong, pertimbangan dalam membeli mainan adalah tak adanya tempat untuk menyimpan banyak mainan, apalagi mainan berukuran besar.

Tapi, tak perlu pusing bila buah hati ingin mencoba mainan baru. Anda juga tak perlu membeli mainan baru, karena Nurul Aliefa, pemilik Tat ita, menawarkan penyewaan mainan anak, seperti perosotan, ayunan, mobil-mobilan dan jungkat-jungkit. "Kami berharap bisa mer\jadi partner orang tua untuk berbagi keceriaan sang buah hati," ujarnya

Pengusaha rental mainan asal Bandung ini mengawali usahanya tiga tahun lalu, setelah melihat potensi pasar yang sangat besar dari bisnis ini. Selain melayani keluarga, Tatita juga sering melayani keperluan pesta "Kami menyasar segala kalangan," ungkap Nurul.

Karena persaingan masih longgar, Nurul pun terdorong menawarkan kemitraan Tatita sejak Juli 2011. Kini, ia sudah mendapat tiga calon mitra dari Timika, Medan, dan Ujung Pandang.

Dibandingkan dengan jenis usaha lain, bisnis rental mainan ini tak memerlukan lokasi khusus. "Bisnis ini bisa dijalankan di rumah," kata Nurul.

Tatita menawarkan tiga paket kemitraan dengan investasi Rp 19,5 juta. Rp £3,9 juta dan Rp 53.3 juta Dari investasi itu, mitra akan mendapatkan suplai mainan dan hak pemakaian nama Tatita selama lima tahun.

Beberapa unit mainan yang diberikan cukup bervariasi, seperti Little Castle/ Kids Playzone, Easy Store Large Slide, Swing Along Castle, Hide And Slide Clim-ber, Crab See Saw, Rocking Horse, Patrol Car/Tune Cou-pe Car, Push Around Buggy, Sunshine Playhouse, Won-derful Ride, Picnic Table, Whirly Bouncer, Van For Two/Fire Engine For Two, Jungle Climber, dan Inflanta-ble Bouncer. Nilai mainan yang diberikan mulai dari Rp 10,5 juta hingga Rp 36,8 juta tergantung investasi yang dipilih oleh mitra.

Meski tak tak mengutip shaiing pivJU serta royalty fee. Nurul bilang, perusahaannya akan membantu mitra promosi. Untuk menyewa mainan di Tatita ini pun sangat mudah. Konsumen cukup mengirim pesan singkat atau Apapun yang berkaitan dengan dunia anak pasti berprospek baik.

SMS untuk pemesanan. Kemudian dilanjutkan dengan pembayaran serta deposit Rp 100.000. Deposit itu sebagai jaminan dan akan dikembalikan setelah masa sewa berakhir dan barang diterima seperti kondisi semula oleh Tatita

Nah, jika mainan yang disewa itu rusak saat diterima, pihak Tatita berhak mengambil deposit sebagai biaya pengganti kerusakan.

Selain menerima penyewaan secara mingguan, Tatita juga menawarkan peminjaman secara harian. Tarifnya pun cukup terjangkau. Yakni, mulai puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah untuk setiap mainannya

Nurul mencontohkan, penyewaan Angel Fish Rocker atau jungkat jungkit biaya sewanya Rp 45.000 per hari. Bila ingin disewa sebulan penuh, banderol sewanya hanya Rp 155.000.

Dengan omzet perkiraan sebanyak Rp 5,03 juta, Nurul menghitung mitra bisa balik modal sekitar 13 bulan. Pasalnya, dengan perolehan omzet sebesar itu, mitra bisa mendapat margin hingga 80%. Perhitungan ini berlaku untuk mitra yang membeli paket senilai Rp 53,3 juta.

Menurut Amir Karamoy, Pengamat Waralaba, rental mainan anak bukan bisnis baru. Namun, tawaran kemitraan Tatita ini inovatif. "Rental mainan ini cukup responsif, karena apapun yang berkaitan dengan dunia anak memiliki prospek yang baik," ujarnya

Namun, ia berpesan, calon mitra sebaiknya benar-benar memahami pasar bisnis ini. Pasalnya, ada kecenderungan bisnis ini bersifat musiman. Artinya, hanya ramai diwakru-waktu tertentu saja, semisal pesta perayaan ulang tahun anak.

Untuk itu, calon mitra juga harus siap jika permintaan sewa menurun. "Apalagi, anak-anak kini semakin dekat dengan mainan berteknologi. Oleh karena itu, perlu promosi yang intensif," pungkasnya Rental Mainan Tatita JI. Banyak Endah 17 Kota Baru Parahyangan Bandung 40553 Telp. (022)86813754 HP. 0818 617 909

0 komentar:

Post a Comment