Sunday, August 21, 2011

BMT Jadi Solusi Bagi UMKM


Baitul Mal waat Tamwil (BMT) dapat menjadi solusi bagi usaha mikro, Kecil, dan menengah (UMKM) untuk mendapatkan akses perbankan dalam mengembangkan usahanya.

"UMKM biasanya kesulitan untuk mendapatkan akses perbankan, terutama terkait dengan agunan sehingga Baitul Maal wa-at Tamwil (BMT) bisa menjadi alternatif bagi mereka. kata Ketua BMT Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Misbahul Anwar di Yogyakarta, Sabtu (20/8).

Menurut dia, BMT pada dasarnya merupakan salah satu bentuk penguatan perekonomian masyarakat kecil, seperti UMKM. UMKM sebenarnya memiliki potensi usaha, tetapi terbatas akses perbankan.

"Lembaga keuangan selain bank semacam BMT bisa menjadi media bagi UMKM dalam mendapatkan akses perbankan guna memperoleh modal usaha, demi menunjang perkembangan usaha mereka. Dengan demikian, BMT benar-benar memberikan manfaat bagi masyarakat. katanya.

Ia mengatakan, begitu pula dengan BMT UMY yang memberikan kemanfaatan bagi internal dan eksternal kampus. Untuk internal kampus, BMT UMY mendukung kegiatan akademik melalui magang mahasiswa atau kegiatan lainnya.

0 komentar:

Post a Comment