Tuesday, August 9, 2011

Hasil Kerajinan Rotan Nusantara di Ekspor Lewat Bali

Hasil kerajinan rotan produksi perajin nusantara yang banyak dipajang di toko-toko seni seputar pusat kerajinan Sukawati dan Sanur serta diperdagangkan ke pasaran ekspor lewat Bali.

Kerajinan rotan yang dipajang di toko-toko sepanjang jalan raya Sukawati, 15 Km timur laut Denpasar hampir semuanya didatangkan dari luar daerah, kata Ni Made Sutiari, pengusaha aneka kerajinan Bali di Sukawti, Rabu.

Ia menjelaskan, sarana tarnsportasi berbentuk vespa jenis antik, sepeda motor Harley Davidson dan mobil VW kodok yang dibuat dari anyaman rotan ternyata banyak diminati turis asing yang berlibur ke Bali.

Barang bernilai seni dan antik itu buatan perajin asal Jawa Timur itu ikut meramaikan perdagangan aneka kerajinan ke luar negeri dan pangsa pasarnya adalah wisatawan asal Italia, Spanyol dan Amerika Serikat.

Aneka jenis anyaman berbahan baku rotan dari luar daerah banyak diekspor lewat Bali dan pesanan yang diterima sekarang relatif stabil terutama dalam memenuhi persiapan untuk perayaan Natal dan pergantian tahun baru.

Para pengusaha yang menampung aneka barang kerajinan berbahan baku rotan cukup stabil dalam permintaan dari konsumen mancanegara sehingga realisasi ekspor matadagangan ini juga sangat stabil tahun 2011.

Kepala Seksi Ekspor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali, Putu Bagiada SE membenarkan jika realisasi perdagangan luar negeri khusus kerajinan rotan ada kenaikan hanya berkisar tiga persen.

Ia menyebutkan bahwa realisasi ekspor kerajinan berbahan baku rotan dari Bali selama Januari-Mei 2011 tercatat hanya 690 ribu pcs bernilai 2,3 juta dolar AS naik sedikit dari periode sama 2010 seharga 2,1 juta dolar.

Aneka kerajinan rotan yang dipasarkan para perajin Nusantara lewat Bali, seperti yang didatangkan dari Malang Jawa Timur, Jawa Tengah dan Sulawesi baik desain maupun mutu matadagangannya tidak kalah bersaing di pasaran ekspor, katanya.

Perabotan rumah tangga yang dibuat dari anyaman rotan yang dipadukan dengan bambu dan kayu seperti kotak tisu yang dibuat dengan rancang bangun (desain) yang unik dan etnik banyak dipesan mitra bisnis asal Spanyol dan Italia.

"Pengusaha Bali biasa menerima pesanan kotak tisu dari rotan dengan desain yang dekoratif perpaduan antara kayu dan rotan, banyak diminta menjelang Natal dan di akhir tahun," kata Sutiari.

0 komentar:

Post a Comment