Sunday, July 17, 2011

18 UKM Terima Order Miliaran Rupiah

Sebanyak 18 pelaku usaha kecil menengah (UKM) mendapat order dari berbagai perusahaan di samping order bulanan bernilai miliaran rupiah. Transaksi itu berlangsung selama Smesco UKM Fesyen dan Asesoris Eksfcw 2011 yang berlangsung di SME Tower, Jakarta Selatan, 13-17 Juli 2011.

Neddy Rafinaldy Halim, deputi Bidang Pemasaran dan Jaringan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM mencontohkan, UKM Tenun Kapas Sutera menerima order sekitar 6 ribu meter dari Hotel Mulia Senayan. Bahkan, ada perusahaan butik ternama di Jakarta yang memesan bahan baku berkualitas untuk diolah sesuai selera pasar. Transaksi dilakukan secara bulanan.


"Beberapa UKM lain juga mendapat pesanan dari Hotel Mulia Senayan," kata Neddy Rafinaldy saat menutup Smesco UKM Fesyen 2011. Neddy mengakui, omzet transaksi penjualan tahun ini menurun, hanya sekitar Rp 4 miliar saja. Namun, dari segi pengunjung mencapai 10 ribu orang, melebihi yang ditargetkan. "Kami tidak memungkiri ada penurunan omzet Ini disebabkan pameran memang sangat tinggi intensitasnya sejak awal Juli yang berlangsung di beberapa lokasi pameran di Jakarta," tukas Neddy.

Namun, adanya order bulanan yang diterima 14 UKM peserta pameran, Kementerian Koperasi dan UKM merasa puas. Sebab, nilainya juga tidak kalah besar dibandingkan total transaksi pameran selama 5 hari.Asisten Deputi Urusan Informasi dan Publikasi Bisnis Kemenkop dan UKM Adi Trisnujuwono menambahkan, transaksi lebih besar biasanya terjadi seusai pameran.

0 komentar:

Post a Comment