Wednesday, July 20, 2011

Usaha Aksesori Motor yang Fungsional

Kebutuhan akan aksesori motor terus meningkat. Hal ini, karena setiap orang yang memiliki sepeda motor ingin mempunyai motor yang fashionable dibandingkan orang lain.   Namun, jika umumnya aksesori yang ditambah hanya berupa boks, jok, knalpot maupun spion, kini para pengendara motor semakin rajin memodifikasi motor, mulai dari spakbor depan, engine cover, seat cowl hingga kanopi motor. Varian-varian terbaru dari aksesori motor terus bermunculan sehingga usatia ini semakin prospektif, karena peluang pasar semakin terbuka lebar. Produk-produk aksesori motor terbaru seperti apa yang sedang digandrungi?i

Dari waktu ke waktu, pengguna sepeda motor terus mengalami   peningkatan Menurut  data  dari  Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia bahwa penjualan sepeda motor pada tahun 2011 ini meningkat 10 persen menjadi 8,2 juta-8,4 juta unit dari realisasi tahun 201 O-rang sebesar 7,6 juta unit. Dengan meningkatnya jumlah pengguna sepeda motor akan berdampak pada usaha turunannya, yakni aksesori motor.


Aksesori motor telah menjadi bagian penting dari pengguna sepeda motor. Karena biasanya para pengguna sepeda motor ingin mengubah tampilan dan menambah aksesori pada motor mereka. Perubahan aksesori motor tergantung dari kebutuhan si pengguna.

Kanopi motor untuk melindungi pengendara dari hujan dan panas matahari.

Jika motor digunakan untuk touring dan balap, tentu aksesori yang dibutuhkan berbeda dengan kebutuhan pengendara yang ingin sepeda motomya tampil fashionable atau gaya tetapi tetap fungsional dan layak jalan untuk pemakaian harian.

Inovasi.

Karena pelaku usaha yang terjun di usaha ini semakin banyak dan persaingan lumayan ketat hal ini membuat pelaku usaha harus berusaha menghadirkan aksesori yang berbeda dibanding para kompetitor. Misalnya, sepeda motor untuk touring, biasanya aksesori yang dipermak antara lain spakbor depan, engine cover, side shroud, engine side cover, kondom foot steps belakang, dan seat cowl. Namun, agar dilirik pasar, terobosan perlu dilakukan. Seperti pengalaman Bob Megillvray, Pemilik Mgvray Limited Custom (MLQ yang mencoba menghadirkan aksesori baru, yakni kondom tangki "Byson yang dilengkapi dengan lampu sein. Dengan alasan kepraktisan dan lebih ringan karena ketebalan hanya 1 mm sampai 1,5 mm dengan daya tahan yang lebih kuat sehingga akan membuat laju motor semakin maksimal.

Selain kondom tangki Byson, produk inovasi lain yang fungsional adalah jok motor. Jika umumnya, jok motor hanya dibuat dengan warna yang ngejreng, kali ini hadir jok motor fungsional yakni sandaran jok motor. Produk ini diletakkan di bagian belakang jok, untuk kenyamanan orang yang dibon-ceng. Tidak hanya sandaran jok, aksesori lain yang dibutuhkan adalah boks motor. Produk ini menjadi pilihan bagi para pengusaha kuliner muapun usaha online. Sebut saja, usaha toko buku, sepatu, baju dan lain-lain. Umumnya, para pengusaha ini sangat membutuhkan boks motor yang dilengkapi dengan bracket sehingga mudah dibong-kar-pasang.

Lihat saja  pengalaman   Neni   Sriwahyuni, pemilik    Endofiberglass yang memproduksi boks motor yang banyak dipesan oleh pengusaha yang memberikan jasa delivery service bagi produk maupun makanan yang dijual, ini membuat boks motor yang dibuat Neni, sering dipesan pengusaha kuliner, baik yang menjual makanan dan minuman. "Kami membuat boks yang dilengkapi dengan sekat dan rak sebagai tempat untuk meletakkan makanan dan gelas minuman, sehingga produk yang dibawa tidak rusak karena guncangan motor," ungkap Neni. Tidak hanya itu, Neni juga merekatkan karet di tiap sisi bagian pintu boks, sehingga bila pengantaran dilakakan saat hujan, air tidak akan tembus ke bagian dalam boks dan produk yang dibawa aman dari hujan.

Tren

Menurut Asep Hendro, pengamat otomotif, bahwa hanya produk yang inovatif yang akan memenangkan pasar. Karena itu, para pengusaha aksesori motor harus terus berusaha menghadirkan aksesori yang berbeda dan memiliki nilai fungsional.

Adapun produk yang tren saat ini antara lain sandaran jok, dan jok motor yang memiliki kegunaan untuk mempermudah pengendara saat mengisi BBM, footrest atau besi yang berada di samping kiri kanan motor bagian bawah depan yang berfungsi untuk melindungi pengendara ketika kecelakaan terjadi, dan juga produk kanopi motor untuk melindungi pengendara dari sengatan matahari dan derasnya hujan.'Biasanya yang fungsional semakin laku," tambah Asep.

Strategi Marketing

Untuk memasarkan aksesori, sebaiknya pengusaha menjalin networking dengan komunitas motor. Berpromosi secara konvensional pun bisa dilakukan lewat pembagian brosur, pamflet, dan pemasangan  spanduk di  tempat yang strategis.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah lokasi usaha. Pemetaan perlu dilakukan agar bisa memilih lokasi yang tepat. Pilihlah lokasi di jalan-jalan utama yang ramai dilalui kendaraan bermotor bukan berada di gang.

Potensi di Daerah

Dalam hal persaingan usaha, memang lumayan ketat terutama di kota-kota besar, namun di daerah belum ketat Karena itu jika ingin melebarkan pangsa pasar, Anda bisa membuka cabang di daerah, mulai dari kecamatan, kabupaten dan kotamadya.

Jika Anda belum mempunyai kemampuan untuk membuat aksesori motor, bisa mengikuti kursus selama 1 bulan untuk 5 kali pertemuan dengan biaya Rp 2 juta. Namun,

Anda juga bisa belajar secara otodidak pada teman atau saudara yang telah menekuni usaha ini. Pengalaman Johan Wahyudi, Pemilik Yudi Jok Motor menunjukan hal ita Ia belajar selama dua bulan dengan kakaknya yang telah terlebih dahulu menekuni usaha ini, setelah menguasai lalu ia memutuskan menekuni usaha sendiri. Kini, ia telah mampu meraup omset di atas Rp SOjuta/bulan.

Keuntungan

Selain mudah dipelajari, keunggulan dari usaha ini keuntungan yang diraup lumayan besar. Lihat saja, Bob Megillvray, Pemilik Mgvray Limited Custom (MLC) yang mampu meruap omset di atas Rp 200 juta dengan keuntungan di atas 60%. Karena itu, bagi Anda yang ingin menggeluti usaha ini, sekarang saatnya karena prospek usaha ini sangat cerah. Hal ini, karena pengguna motor akan terus meningkat di tahun tahun mendatang yang akan membawa dampak positif bagi usaha turunannya. Di halaman-halaman berikut kami hadirkan profil pengusaha, kulakan aksesori dan tempat membeli bahan baku.

0 komentar:

Post a Comment