Sunday, July 17, 2011

Mandiri Sokong Rp 7,7 M Bagi Technopreneur

Wirausaha berbasis teknologi bakaLbertambah dan bangga. PT Bank Mandiri Tbk (Persero) mengucurkan dana sebesar Rp 7,7 miliar untuk mendukung pengembangan para pengusaha muda, khususnya dalam implementasi teknologi (Technopreneur) di Indonesia.

Kucuran dana ini diberikan lewat program Wirausaha Muda Mandiri tahun ini dengan mengambil konsep Technopreneur. Peluncuran program ini dilakukan pada Selasa (19/7). "Kita arahkan itu nanti dari entrepreneur ke Technopreneur Awards," kata Senior Vice President Corporate Secretary Group Bank Mandiri Sukoriyanto Saputro dalam Media Briefing di Jakarta, Ahad (17/7).


Sejak empat tahun diluncurkan, Wirausaha Mandiri sudah mencetak 6.545 pengusaha. Perinciannya, 488 peserta dari 26 perguruan tinggi, baik negeri dan swasta pada 2007, 1.057 peserta dari 198 perguruan tinggi pada 2008,1.708 peserta dari 200 perguruan tinggi pada 2009, dan 3.294 peserta dari 412 perguruan tinggi pada 2010.

Sukoriyanto menjelaskan, mereka yang ingin bergabung sebagai Wirausaha Muda Mandiri tidak boleh melebihi usia 35 tahun. Mereka juga diminta menampilkan produk atau te-muan usahanya yang erat dengan pengembangan teknologi. Kategori Wirausaha Muda Mandiri konsep Technopreneur yang dilombakan adalah energi terbarukan, pengadaan air bersih, dan teknologi informasi.

Sedangkan, syarat ingin bergabung di Program Wirausaha Muda Mandiri adalah berbisnis pada tahap awal (early stage) sudah menemukan produknya, namun belum memiliki dana untuk memproduksi, harus orisinil, dan belum pernah menerima awards (penghargaan).

Pemenang tiap kategori mendapat penghargaan Rp 50 juta, dan Rp 1,5 miliar untuk mengembangkan teknologinya di kawasan. Kemudian, juara dua Rp 1 miliar. "Jadi, itu ada enam pemenang dan total dananya itu Rp 7,7 miliar," jelasnya.

Sementara itu, hingga kini Bank Mandiri sudah menyalurkan kredit komersial kepada Wirausaha Muda Mandiri mencapai Rp 5,5 miliar.

0 komentar:

Post a Comment