Thursday, July 21, 2011

Berbagi Ilmu Entrepreneur

Keberhasilan Roihatul dalam wirausaha, tak membuatnya lupa diri. Ia memiliki kepekaan sosial. Maka itu, ia tak menyimpan kemampuannya untuk dirinya sendiri. Ia membagi ilmunya kepada orang lain dengan membangkitkan jiwa-jiwa bisnis para perempuan di sekitarnya. Ia membimbing mereka secara langsung.

Melalui pola pelatihan training for trainer, dia menciptakan usaha pembuatan kerudung dan sulam. Di beberapa kecamatan di Kota Depok, dia telah mempunyai beberapa kelompok kerja yang terdiri dari 10 orang. Roihatul menyediakan pengajar dan alat kerjanya secara cuma-cuma.


Hasil karya mereka pun dicek kelayakannya untuk dijual ke masyarakat. Nantinya, para peserta yang sudah terampil harus mengajari ibu-ibu lainnya. Perhatian anak kedua dari tujuh bersaudara ini juga tertuju pada pemberdayaan terhadap perempuan tani.

Secara rutin dia mendatangi anggota Komunitas Wanita Tani yang dibina Kementerian Pertanian. Tak jemu dia mengarahkan para perempuan di wilayah Cilangkap dan Leuwinanggung untuk bergabung dalam asosiasi usaha kecil menengah.

Roihatul menggali segala kemampuan yang dimiliki para ibu tersebut untuk menjadi penambah penghasilan keluarga. Mulai dari kemampuan mengolah bahan baku, seperti umbi-umbian hingga keterampilan dalam memasak dan menjahit.

Kendalanya, ujar Roihatul, disebabkan karena pola pikir mereka yang masih berkutat tentang mendapatkan uang secara cepat dengan bekerja pada orang lain. Begitu pula pengaruh dari latar belakang keluarga, pendidikan, dan sosial mereka yang tak mendukung.

Namun, ia tetap merasa optimistis. "Setiap perempuan punya potensi, tetapi mereka belum sadar apa yang ingin dilakukan. Saya mengarahkan kemampuan yang dipunyai guna membuka kesadaran mereka untuk berwirausaha, ujar Roihatul.

0 komentar:

Post a Comment