Sunday, July 24, 2011

PPK Sampoerna Expo 2011 Ciptakan Wirausahawan Tangguh

Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), tidak lagi dipandang sebelah mata saja bahkan sudah diakui merupakan salah satu pilar utama pendukung kekuatan ekonomi bangsa. Sebab, sektor ekonomi rakyat dianggap mampu bertahan menghadapi badai ekonomi yang silih berganti kerap melanda ekonomi global.

Kendati demikian, untuk menunjang peningkatan kualitas UMKM. diperlukan suatu program pengembangan serta inovasi untuk terus memajukan para pelaku UMKM, yang bertujuan pada kemandirian dan profesionalisme.


Sebagai bentuk komitmen serta kontribusi untuk memajukan dunia UMKM di Tanah Air, PT HM Sampoerna Tbk, melalui paung program Sampoerna untuk Indonesia kembali mengadakan PPK Sampoerna Expo 2011 dengan mengusung tema "Wirausaha Tanpa Batas" di lokasi Pusat Pengembangan Kewirausahaan (PPK) Sampoerna, Desa Gunting, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Kegiatan ini diadakan mulai 22 Juli hingga 24 Juli 2011.

Direktur PT HM Sampoerna Tbk Yos Adiguna Ginting menuturkan, kegiatan ini adalah salah satu bentuk komitmen PT HM Sampoerna Tbk dalam memberikan kontribusi positif, khususnya dalam bidang pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui penciptaan w irausahawan-wira-usahawan lokal.

Menurut Yos Adiguna, pemberdayaan ekonomi melalui sektor UMKM, juga berkontribusi meningkatkan pendapatan daerah serta mampupemerintah mengurangi pengangguran, karena terciptanya lapangan kerja. "Sesuai dengan temanya, Wirausaha Tanpa Batas, UMKM bisa menjadi motor penggerak ekonomi rakyat. Apalagi, melihat sejarah PT Sampoerna yang awalnya juga mulai dari kecil. Kini sudah mampu memperkerjakan lebih dari 90 ribu pekerja. Semuanya, bisa menjadi hesar bila kita terus berupaya melakukan perubahan. Sebagai kontribusi kami, makanya kami membuka PPK Sampoerna untuk mendorong kemajuan sektor UMKM," ujar Yos saat membuka Sampoerna Expo 2011, Jumat (22/7).

Lebih lanjut, Yos menuturkan, ajang ini juga ditujukan menjadi media sosialisasi dan promosi produk-produk UMKM unggulan dari wilayah Pasuruan dan sekitarnya. "PPK ini tak hanya mengadakan pelatihan saja. Tapi, kami juga mengajarkan bagai-mana cara memasarkan produk, serta mengelola keuangan secara profesional," ujar Yos.

Wakil Gubernur Jawa Timur m .ulullah Yusuf menyatakan sangat bangga dengan PT Sampoerna rang berkomitmen untuk terus mengembangkan dan mendorong kemajuan UMKM di Tanah Air, khususnya di Jawa Timur. "Saya mengapresiasi kontribusi dari PT Sampoerna Tbk. Terlebih, sektor UMKM memiliki peran penting. Sebab, 52 persen pendapatan daerah di jawa Timur berasal dari sik tor UMKM. Sehingga bisa dibilang sektor UMKM sangat \i-tal. Karena bila sektor UMKM mati, maka perekonomian Jawa Timur akan pincang. Untuk itu, saya mendukung dan berterima kasih dengan Program Pusat Pelatihan Kewirausahaan (PPK) yang diadakan PT Sampoerna Tbk," ujar pria yang akrab dengan sapaan Gus Ipul ini.

Sampoerna untuk lndone-sia merupakan rangkaian kegiatan dan program yang dilaksanakan oleh PT HM Sampoerna Tbk sebagai bentuk sumbangsih dan peran serta perusahaan dalam memajukan Bangsa dan masyarakat Indonesia, sekaligus untuk memberikan inspirasi dan motivasi bagi masyarakat agar dapat melakukan yang terbaik bagi dirurya sendiri dan bangsa Indonesia.

Kegiatan dan program Sampoerna untuk Indonesia mencakup berbagai bidang, antara lain pendidikan, kesehatan, pemberdayaan D rakat, media serta pelestarian seni dan budaya, sekaligus juga penyelenggaraan ajang penghargaan karya jurnalistik Anugerah Adiwarta Sampoerna

Sementara Pusat Pengembangan Kewirausahaan (PPK), Sampoerna merupakan pusat pembelajaran dan pelatihan terpadu bagi pengembangan usaha kecil bidang agribisnis dan teknologi kejuruan tepat guna serta menyediakan berbagai fasilitas terpadu seperti ruang-ruang pelatihan, bengkel, serta lahan pertanian dan peternakan.

Fasilitas tersebut memberikan pelatihan praktis dan kecapakan kerja yang dapat mereka gunakan untuk memulai usaha baru atau meningkatkan usaha mereka yang telah berjalan. SETC dibangun diatas lahan seluas 27 hektare (ha) di Sukorejo, Pasuruan.

Disini. Sampoerna menyelenggarakan berbagai program pelatihan kewirausahaan bagi nuiM.tr.ik.ii sekitar pabrik serta para kan .man yang memasuki masa persiapan pensiun.

0 komentar:

Post a Comment