Thursday, November 17, 2011

50 UKM Pasarkan Produknya di Cianjur

Soreang - Sebanyak 50 pelaku UMKM asal Kabupaten Bandung, Jawa Barat, diminta untuk mempromosikan berbagai produknya di Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur. Hal itu merupakan tindak lanjut dari temu bisnis yang diselenggarakan di Wisma Galunggung, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, kata Kepala Dinas Koperasi, UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupalen Cianjur Bambang Budiraharjo kepada wartawan, Rabu.

Rencananya, 50 pelaku UMKM nu diminta untuk memasarkan produk unggulannya di salah satu hotel berbintang di Kecamatan Ci panas. Pasalnya, wilayah Ci-pan.is im sejak lama dikenal sebagai salah satu tujuan wisata strategis di Kabupaten Cianjur, kata Bambang Budiraharjo.

"Kami ingin mempertemukan pelaku usaha dengan konsumen. Karena di Cipanas ada hotel khusus menampung pelaku usaha. Palace Hotel membuat ruangan khusus untuk menampung pelaku UKM mulai makanan, kerajinan tangan sampaikonveksi," ujarnya,i oim.u kerja siiin.i yang akan dilakukan adalah bagi keuntungan dengan 20% hasil keuntungan untuk pihak hotel. Pelaku UMKM yang ikui terlibai dalam promosi tersebut adalah UMKM yahg harus sudah mapan dan siap ketika menerima partai besar. Mayoritas produk yang akan dipasarkan adalah konveksi batik, baju koko, makanan stroberi, jambu merah, kopi luas dan Bandeng.

"Pihak hotel ingin mempromosikan berbagai produk UMKM yang ada di seluruh lawa Barai, lidak hanya Cianjur. Sedangkan untuk Kabupaten Bandung sendiri kita orientasikan Warung Lo-bak sebagai pusat untuk memasarkan produk UMKM. Apalagi sejak 28 November 2011 ada pasar malam selama dua minggu sebagai upaya memamerkan produk UMKM," ujarnya.

Dikatakannya, era globalisasi merupakan sebuah era keterbukaan dan keleluasaan bagi semua |iih.ik untuk mela kukan upaya upaya pening kiium dalam berbagai bidang. Wujud in mi.i globalisasi di antaranya dungan disepakatinya perdagangan bebas antara anggota ASI \\ dengan Cina, kesempatan itu harus menjadi tantangan.

"Kila terus berupaya me-laksanakan pembinaan terhadap para pelaku usaha dalam rangka mewujudkan pelaku usaha yang maju. Mau tidak mau pelaku UMKM harus menyadari bahwa usaha yang dijalaninya berada di tengah-tengah pelaku usaha lain yang mungkin bisa jadi mitra atau pun pesaing, sehingga para pelaku UMKM atau pun pesaing benar-benar siap dan tangguh," ujarnya.

Lebih lanjut disampaikannya, pihaknya terus berupaya membuka peluang danjejaring pemasaran produk, meningkatkan wawasan, pengetahuan dan penguasaan keterampilan bagi pengembangan produknya dan meningkatkan serta mengembangkan produktivitas usaha UMKM

"Kita harapkan melalui kegiatan peningkatan kemi-traan UMKM dengan pengusaha brs.ii ini dapal men dukung dan mendorong pei tumbuhan para pelaku UM-KM. kata Bambang.

Dihubungi secara lerpi sah General Manajer Palai e Hotel Charli mengatakan, pi-haknya telah memberikan ruang integrasi untuk menjual produk hotel dengan UMKM Kerja sama yang dijalin dengan pelaku UMKM Kabupaten Bandung itu merupakan kerja sama dengan kekeluargaan.

UMKM yang kita undang adalah yang memiliki nilai lebih. Sejauh ini kita baru mengajak UMKM dari Cipanas (Cianjur) dan Kabupaten Bandung. Bagi daerah lain yang UMKM berpotensi silahkan bergabung. Karena di sini sudah ada pasar wisatanya," ujarnya.

0 komentar:

Post a Comment