Sunday, November 27, 2011

Pemerintah seleksi UKM kreatif

Kementerian Koperasi dan UKM tengah menyeleksi usaha kecil menengah yang menerapkan teknologi produksi dan pemasaran kreatif dan inovatif guna menerima penghargaan Partisara Utama. Burhanuddin Abdullah, ketua dewan juri penganugerahan Partisara Utama, mengatakan dengan kriteria tersebut. UKM lain diharapkan makin terinspirasi guna mencapai kinerja bisnis excellence

"Inilah yang kami coba sam-paikan kepada masyarakat usaha agar bisa termotivasi dan melakukan perkuatan, pemberdayaan bisnis, sehingga lebih berani di segala medan," ujarnya kemarin. Karena itu, UKM yang ditetapkan menerima penghargaan adalah unit usaha yang mengedepankan bahan baku produknya dari sumber daya lokal dan memiliki nilai tambah.

Dengan begitu, produk UKM terpilih itu realtif lebih baik dibandingkan dengan kompetitornya," tutur mantan Gubernur Bank Indonesia yang kini rektor Institut Manajemen Koperasi In-donesia (Ikopin) tersebut. Menurutnya, sulit memastikan produk UKM yang masuk nominasi penerima penghargaan mempunyai keunggulan 100%. Namun, sejak penilaian tahap awal sudah mendekati kriteria yang ditetapkan tim juri.

"Seperti halnya manusia, kita tidak mungkin bisa menjadi orang baik 100%, yang ada hanya mendekati kriteria baik. Jadi sama halnya dalam UKM, perlu rekayasa sosial yang dilakukan dari waktu ke waktu." Rekayasa sosial. yang dimaksud, menurut Burhanuddin, un-tuk menciptakan kondisi kondusif seperti ketika masih dilaksanakan kompetisi antarkelompok pendengar, pembaca dan pemirsa (kelompencapir) yang diadakan secara rutin di perdesaan.

Program tersebut sebenarnya melalui rekayasa sosial yang dilakukan pemerintah, tetapi hasilnya sangat positif karena seluruh Kelompencapir memiliki keinginan untuk bisa berkompetisi dengan kelompok lain. "Partisara Utama diberikan kepada UKM berprestasi sesuai kinerja dan kriteria yang ditetapkan panitia. Artinya, pemenang-nya sudah pasti representasi dari UKM yang benar-benar terbaik dari yang terbaik, meski tidak terbaik secara utuh 100%."

Dengan begitu UKM yang akan memenangi penghargaan diseleksi secara ketat, karena ke depan akan dijadikan model bagi UKM lain yang ingin mencapai prestasi sama. "Dalam pengertian, secara kelembagaan dan ekonomi makin membaik, karena salah satu penilaiannya, mereka juga tercatat membantu sisi sosial untuk meningkatkan kesejahteraan lingkungan."

0 komentar:

Post a Comment